Senin, 30 Juli 2012

"Maaf, kita gak jadi nikah..." (part 2)


          Yang kedua, Om gue. Om gue ini adalah adek dari tante gue yang gue ceritain sebelumnya. Cerita mereka gak jauh beda pada akhirnya, tapi alurnya yang sedikit berbeda. Om gue pacaran sama cewek dari kelas satu SMA. Akhirnya mereka berdua lulus dan kuliah di universitas swasta yang berbeda. Cewek itu namanya Enggar. Dia juga udah deket banget sama keluarga, semua keponakan om gue manggil dia Tante Enggar. Gue juga udah deket banget sama dia karena gue yang sering main ke rumah nenek dan kalo main pasti ada mereka. Mereka selalu bilang bahwa mereka pacaran serius dan mau menikah suatu hari nanti.

          Tante Enggar lulus lebih dulu dari universitasnya dan bekerja di perusahaan yang sama dengan tante gue. Tante gue yang rekomendasiin dia di perusahaannya. Sedangkan om gue masih berstatus mahasiswa. Dia sering sibuk kegiatan kampus. Dia anak band kampus, dia anak pecinta alam, pokoknya dia super sibuk di kampus. Itu yang kadang ngebuat dia keteteran sama tugas kuliahnya. Dia ambil jurusan arsitek. Kuliah yang keteteran menjadikan dia tidak lulus tepat waktu dan tidak bisa lulus bersama kekasihnya. Itu yang buat tante Enggar sedikit kesal.

          Om gue akhirnya lulus kuliah, tapi dia belom dapet kerjaan. Dari satu perusahaan ke perusahaan lain dia ngelamar jadi arsitek, tapi hasilnya nihil. Tante Enggar terus nuntut, dia bilang kalo om gue harus cepet-cepet dapet kerja terusnya ngelamar dia.

          Saat om gue lagi getol-getolnya nyari kerja, Tante Enggar bawa kabar buruk atau lebih tepatnya kabar bahagia bagi Tante Enggar. Dia dilamar orang lain. Keluarganya setuju dan Tante Enggar pun mau. Om gue meradang karena saat itu dia lagi berusaha buat wanitanya tapi kenyataannya wanitanya pergi dari dia.

“Maaf, kita gak jadi nikah…” itu kata-kata pahit yang om gue dengar dari mulut wanita yang paling ia cintai. Om gue jadi kacau.

          Om gue gak mau keluar kamar sampe pernikahan Tante Enggar. Keluarga gue datang ke pernikahannya, tapi om gue gak. Dia tidak cukup kuat untuk menghadapi kenyataan. Dia tidak cukup kuat untuk memberi selamat kepada Tante Enggar dan suaminya. Dia tidak cukup kuat melihat wanita yang dicintainya menikah dengan orang lain. Dia selalu bilang sama nenek gue, “Harusnya Dedi yang nikahin Enggar, Ma…” Terus nenek gue hanya bisa mengatakan sabar kepada om gue dan mengatakan bahwa suatu hari nanti om gue pasti menikahi seseorang yang jauh lebih baik dari Tante Enggar.

          Dalam keadaan terdesak, om gue banting stir jadi fotografer. Dia mau buktiin sama Tante Enggar bahwa dia bisa dapat pekerjaan yang lebih baik dan dia mau buktiin bahwa dia bisa bangkit. Om gue sukses dengan pekerjaannya. Hingga kini, dia tetap jadi fotografer, dan sekarang sudah jadi fotografer profesional. Percintaan om gue emang gak baik setelah ditinggal Tante Enggar. Lama dia bangkit dari rasa sakit yang dulu.

          Rasa sakit itu terus menggrogotinya karena Tante Enggar sering datang ke rumah saat awal-awal menikah dan punya anak. Niat dia baik mau silaturahmi dengan keluarga gue. Dia juga mau lihat dan mau tahu kabar om gue langsung. Sayang, setiap Tante Enggar datang, om gue pasti selalu pergi karena dia gak mau membuka luka lama.

          Sekarang om gue udah nikah. Udah punya satu anak. Anaknya lucu banget mirip dia. Kelihatannya dia bahagia dengan istri dan anaknya. Tapi kalo gue lihat, rasa cintanya masih terlalu dalam untuk Tante Enggar. Begitupun tante gue, gue tahu dia masih sayang banget sama Om Ading. Dia sempet minta boneka yang Om Ading kasih ke gue, tapi nyokap gue selalu ngelarang karena nyokap gue bilang tante gue harus lupain Om Ading.

          Ya, om dan tante gue memiliki kisahnya sendiri. Walau mereka masih sayang sama kekasihnya yang hampir menikah dengan mereka, tapi kini mereka punya kehidupan. Mereka menikah dengan seseorang yang dikirim Tuhan untuk mereka. Bukti bahwa jodoh mereka ada di tangan Tuhan adalah dengan semua kejadian itu dan anak-anak mereka sekarang. Ya, anak-anak mereka adalah bukti cinta kasih mereka kepada pasangan mereka kini.

          Gue pun punya cerita seperti mereka. Pacaran 2 setengah tahun tapi nyatanya putus di tengah jalan. Janji mau nikah tapi kenyataannya sekarang aja udah jalan masing-masing. See? Jodoh ada di tangan Tuhan. Gue udah bangkit karena gue pikir yaudah. Yaudah ternyata dia bukan jodoh gue. Siapapun seseorang yang nikah sama gue dan bagaimanapun dia nanti yang penting satu DIA ADALAH JODOH YANG DIBERIKAH TUHAN UNTUK GUE. Gue yakin suatu saat gue bakal nemuin kebahagian itu. I will find my own happiness.

          Saat ini gue lagi menyusuri jalan yang berliku. Gue lagi nyari cahaya di ujung jalan. Kalo jalannya luruuuuuuussss terus, bakal ngebosenin! Mangkanya gue lagi dihadapi sama jalan yang berliku oleh Tuhan karena Tuhan sayang sama gue. Tuhan sedang menunjukkan bahwa hidup dan cinta tidak selamanya bahagia. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar